Selamat Datang di Blog PSK 07

Wednesday 12 September 2012

Manfaat Sebuah Pelukan

Berpelukan bukanlah semata-mata sebagai ekpresi untuk mengungkapkan rasa kasih sayang. Berpelukan ternyata juga memiliki manfaat. Dikutip dari Examiner dan ditambahkan oleh penulis, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari berpelukan:

1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang akhirnya bisa mengurangi resiko dari penyakit jantung. Oleh karena itu, mulailah biasakan diri untuk memeluk orang yang disayangi terutama bagi mereka yang memiliki kondisi jantung lemah atau tekanan darah tinggi.

2. Mengurangi Stres dan Lebih Tenang
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa memeluk dapat buat anda lebih bahagia. Hal itu karena sebuah pelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin, hormon yang memicu respon intim. Oksitosin ini dapat membuat Anda jauh lebih tenang dan mengurangi rasa cemas.
Pelatih manajemen stres dan terapis Holistic Catherine A. Connors juga mengingatkan bagaimana kontak secara fisik dengan orang lain dapat membantu mengurangi stres. Berpelukan, berciuman, atau kegiatan fisik yang bersentuhan lainnya meningkatkan level oksitosin, yang disebut hormon "ikatan".
 
3. Sehat Untuk Hubungan Percintaan
Hubungan percintaan selalu identik dengan berpelukan. Tapi tahukah Anda jika memeluk orang yang dicintai bisa membantu proses produksi hormon serotonin dan dopanin? Kedua hormon itu dapat membuat Anda merasa senang dan mengangkat suasana hati. Akibatnya Anda pun akan lebih harmonis dengan pasangan, yang pada akhirnya berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.
 
4. Membuat Perasaan Senang
Berdekatan, berpelukan melepaskan hormon oksitosin, yang dikenal juga dengan hormon yang melepas perasaan senang. "Berpelukan melepaskan senyawa kimia seperti oksitosin di otak yang akan menciptakan perasaan bahagia dan sehat," ujar Dr. Renee Horowitz, dokter pada Center for Sexual Wellness in Farmington Hills, Michigan. Berpelukan juga melepaskan hormon endorphins, yaitu senyawa kimia yang dilepaskan setelah berolahraga atau makan cokelat, yang berkontribusi terhadap perasaan puas.
 
5. Membantu Komunikasi dan Mendekatkan Diri Dengan Pasangan
Salah satu manfaat terbaik dari berpelukan dan sentuhan nonerotis lainnya membantu masalah komunikasi. Menurut David Klow, seorang therapist masalah rumah tangga dan keluarga di Chicago, memeluk merupakan cara mengatakan, ''Aku tahu yang kamu rasakan''. "Pelukan membiarkan perasaan kita diketahui oleh pasangan di mana kata-kata kadang tidak mampu menjelaskan," ujar Klow. Klow juga menyarankan untuk berpikir bahwa pelukan adalah bentuk komunikasi yang bisa membantu pasangan memiliki hubungan yang lebih baik. Keuntungan paling nyata dari berpelukan adalah semakin dekat dengan pasangan anda secara fisik. Berpelukan bisa menimbulkan kesenangan atau santai dan waktu yang nyaman usai bercinta, tapi juga ada keuntungan secara kimiawi. Ada pelepasan dopamin, yang merupakan hormon yang melepaskan peningkatan keinginan untuk bercinta.

Oleh karena itu biasakanlah untuk memeluk pasangan anda, karena sebuah pelukan selain memiliki manfaat seperti yang telah disebutkan diatas, pelukan diyakini dapat meningkatkan kualitas dari sebuah hubungan. Pasangan yang secara teratur dan spontan saling memberi kasih sayang non-seksual, seperti sebuah pelukan akan meningkatkan tingkat kepuasan dalam hubungan mereka.
Sumber: Penulis+Wolipop
 



No comments:

Post a Comment